Karakteristik Negara Amerika Serikat sebagai negara maju







  1. Letak Geografi Amerika Serikat
Amerika Serikat terletak di belahan bumi utara, terbentuk dari sebagian benua Amerika Utara dan Kepulauan Hawaii di Pasifik. Membujur dari Kanada ke Selatan sampai di teluk Mexico dan teluk California serta memanjang dari Pantai Samudera Pasifik sampai ke Timur di Pantai Samudera Pasifik sampai ke Timur di Pantai Samudera Atlantik. Pusat geografi Negara AS (tanpa memperhitungkan Alaska dan Hawaii) terletak di kota Lebanon, Kansas dengan latitude 39º 50′ dan longitude 98º 35′.

B.    Bintang Alam
Bentang alam Amerika serikat dapat dibagi menjadi dua bagian, yaitu:

1)      Bagian timur, meliputi pegunungan Appalachia-Alleghany ke timur sampai selatan Atlantik.
2)      Bagian tengah, berupa daratan sangat luas (Great Plains) dan terdapat Danau Superior, Michigaey.


C.    Keadaan Alam dan Iklim

1)      Keadaan Alam
Secara garis besar dari Timur ke Barat, wilayah geofisik AS terbagi kedalam dataran Atlantik, daerah Pegunngan Appalachians, dataran di bagian tengah daerah Rocky Mountain, daerah gunung dan lembah pantai Pasifik. AS memiliki wilayah daratan yang sangat luas, terdiri dari wilayah pegunungan di Barat, perbukitan di Timur, pegunungan dan lembah luas di Alaska serta daerah vulkanik di Hawaii.
a)      Sungai terbesar. Sungai Mississippi (4.000 km) mengalir di tengah, Sungai Rio Grande (3.100 km) dan Sungai Colorado (2.300 km) di Barat Daya, sungai Yukon (3.000 km) di Alaska dan sungai Colombia (2.030 km) di Barat Laut.
b)      Danau Terbesar. Danau Superior (82.100 km²) di perbatasan dengan Kanada, Danau Huron (59.600 km²), Danau Michigan (57.800 km²), Danau Erie (25.700 km²) dan Danau Ontario (19.010 km²).
c)      Gunung Tertinggi. Mt. McKinley (6.190 m) di Alaska, North Peak (5.930 m), Mt. Elias (5.490 m), Whitney (4.410 m) di California, Massive (4.390 m) di Colorado, Rainier (4.385 m) di Washington.
d)      Tempat Terendah. Death Valley (- 86 m) di California.

2)      Iklim
Karena letak geografisnya yang membujur dari daerah Kutub Utara sampai ke daerah tropis, dengan 2 pegunungan besar Appalachians (di sebelah Timur) dan Rocky Mountains (di sebelah Barat) memanjang dari Utara ke Selatan dengan dataran luas di tengah-tengahnya, ditambah dengan pengaruh angin Utara dan Gulfstream, menjadikan AS negeri yang mempunyai iklim yang berbeda-beda.
a)      Hawaii dan bagian Selatan Florida, beriklim tropis. Suhu rata-rata adalah kurang lebih 20o C (68º F) di bulan Desember dan kurang lebih 28º C (82º F) pada bulan Juli.
b)      Di bagian Selatan (dari California, sepanjang Teluk Mexico sampai ke Florida) beriklim sub-tropis, di sebelah Barat (kecuali pesisir utara California) bersifat kering dan di sebelah Timur cukup mendapatkan hujan. Suhu daerah sub-tropis sekitar 10º C (50º F) sampai 28º C.
c)      Di sebelah Utara dari daerah sub-tropis terdapat iklim Temperate, dimana pantai Barat Pasifik bersifat basah (lembab) dan sekitar Rocky Mountains bersifat kering, dengan suhu rata-rata minus 2º C sampai 24º C
d)      Iklim di pantai Selatan AS, banyak dipengaruhi oleh Gulfstream, yang membawa udara panas dan banyak hujan, dan juga perubahan-perubahan tekanan udara yang besar sehingga menimbulkan angin topan dan angin puyuh (hurricane).
e)      Suhu tertinggi yang pernah tercatat di AS adalah 56,6º C di Death Valley (California) dan terendah minus (-) 62,2º C di Snag (Alaska).

3)      Kekayaan Alam
AS memiliki dan merupakan penghasil berbagai macam jenis kekayaan alam antara lain batu-bara, tembaga, timah, molybdenum, phosphates, uranium, bauxite, emas, bijih-besi, mercury, nickel, potash, perak, tungsten, zinc, minyak mentah, gas alam dan timber, diantaranya tercatat:


D.   Luas Wilayah

Total luas wilayah AS mencapai 9.629.047 km² atau 3.717.796 mil² (termasuk Hawaii, Alaska, Puerto Rico Persemakmuran, Kepulauan Virgin di Laut Karibia, Kepulauan Samoa dan Guam), terdiri dari luas daratan 9.519.271 km² atau 3.539.289 mil² dan luas perairan 213.772 km² atau 79.481 mil².


E.    Ibu kota Amerika Serikat
Ibu kota Amerika Serikat adalah Washington D.C


F.     Kota - Kota Utama di Amerika Serikat

1.      Washington, D.C., merupakan pusat kendali pemerintahan Amerika Serikat sekaligus letak istana kepresidenan.


2.      New York, merupakan kota terbesar sebagai pusat perdagangan dunia, di kota ini berdiri gedung pusat perdagangan dunia (World Trade Center Building/WTC) dan pusat pasar bursa dunia (The New York Stock Exchange/NYSE). Di kota ini juga terdapat markas besar PBB.


3.      Los Angeles, merupakan kota terbesar kedua dan berperan sebagai kota pusat industri perakitan, komunikasi, keuangan, dan busana. Lalu lintas pelabuhan udaranya merupakan yang terpadat di Amerika Serikat. Kota ini juga merupakan pusat industri pesawat terbang dan perlengkapan militer.


4.      Chicago, merupakan kota terbesar ke tiga. Kota ini dikenal sebagai pusat pemotongan hewan ternak, pusat pengecoran logam dan baja, produsen alat-alat kedokteran, perlengkapan perkeretaapian, sabun, cat, kosmetika, mesin - mesin industri, dan perlengkapan olah raga.


5.      Philadelphia, pusat industri kimia, obat - obatan, pengolahan makanan, dan barang-barang cetakan. Kota ini juga terkenal karena kemajuannya di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi sehingga mengantarkan Philadelphia sebagai kota pusat industri kesehatan utama di Amerika Serikat.



G.   Puncak tertinggi di Amerika Serikat

Gunung tertinggi di Amerika Serikat adalah Mount McKinley (6.194 m) di Alaska. Sungai terpanjang di Amerika Serikat adalah sungai Mississipi-Missouri (3.222 km). Sungai yang lain adalah Sungai Arkansas, Merah, Rio Grande, Kolombia, Kolorado, dan Yukon.



H.   Statistik Agama di Amerika Serikat

Protestan (51,3%), Katholik Roma (23,9%), Mormon 1,7%, kristen lainnya 1,6%, Yahudi 1,7%, Budha 0,7%, Islam 0,6% agama lain 18,6%



I.       Mata uang Amerika Serikat

Mata uang di Amerika Serikat menggunakan Dollar AS (U$)



J.      Produk - produk Unggulan

1)      Sebagai penghasil terbesar per tahun di dunia untuk:
a)                    Batu-bara : 668.572.900 Metric Ton
b)                   Minyak Mentah : 599.203.000 Metric Ton.
c)                    Gas Alam : 562.569.000 Metric Ton.
d)                   Aluminium : 3.343.000 Metric Ton.
e)                    Tembaga : 1.541.600 Metric Ton.
f)           Magnesium : 169.561 Metric Ton.

2)      Penghasil kedua terbesar pertahun di dunia untuk :
a)                    Uranium : 5.322 Metric Ton.
b)                   Emas : 153.870 Kilogram.



K.   Bentuk pemerintahan Negara Amerika Serikat

Bentuk Pemerintahan Amerika Serikat merupakan negara federal yang terdiri atas 50 negara bagian, termasuk Alaska dan Hawaii



L.    GNP Negara Amerika Serikat

Gross National Product di Amerika Serikat meningkat menjadi 15.905,20 USD Miliar pada kuartal kedua 2013 dari 15.789,70 USD Miliar pada kuartal pertama tahun 2013. Gross National Product di Amerika Serikat dilaporkan oleh US Bureau of Economic Analysis (BEA). Amerika Serikat Gross National Product rata-rata 7.349,12 USD Miliar dari tahun 1950 sampai 2013, mencapai semua waktu tinggi dari 15.905,20 USD Miliar pada bulan Mei 2013 dan rekor rendah 1.923,80 USD Miliar pada bulan Februari 1950. Halaman ini berisi - Amerika Serikat Gross National Product - nilai yang sebenarnya, data historis, perkiraan, grafik, statistik, kalender ekonomi dan berita

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Karakteristik Negara Amerika Serikat sebagai negara maju"

Post a Comment